Resep Kue Kastengel Keju Lezat Khas Momen Lebaran

Ketika lebaran tiba, kue kering merupakan salah satu kudapan yang hampir selalu tersedia di tiap rumah. Suasana lebaran akan semakin terasa dengan hadirnya beragam kue kering apalagi jika dibuat sendiri. Kali ini akan dibahas mengenai resep kue kastengel yang mudah dan enak untuk sajian momen hari raya ataupun untuk cemilan sehari-hari. Membuat kastengel sendiri tentu lebih menyenangkan karena Anda bisa mengatur rasanya sesuai dengan selera Anda dan keluarga. Kastengel sendiri merupakan kue kering yang terbuat dari tepung terigu. Kue ini dibuat dengan bentuk memanjang sekitar ukuran jari kelingking. Kue yang dibuat dengan dipanggang ini bisa tahan dalam waktu yang cukup lama dan tidak mudah basi asalkan disimpan dengan cara yang tepat.

Baca Juga : Rindu Rumah Di Perantauan? Coba Resep Kue Kastengel Buatan Ibu

Bahan Resep Kue Kastengel

Kue kastengel yang memiliki rasa asin dan gurih banyak menjadi pilihan kue kering favorit. Kue kastengel akan semakin enak jika ditambah dengan parutan keju di atasnya. Membuat kue ini tidak sulit, bahan-bahan yang dibutuhkan dalam resep kue kastengel diantaranya :

  • Tepung terigu sebanyak 250 gram
  • Mentega atau margarin 125 gram
  • Tepung maizena sebanyak 50 gram
  • 3 butir kuning telur
  • Keju parut sebanyak 100 gram
  • 2 butir kuning telur untuk olesan
  • Roombutter sebanyak 15 gram

Cara Pembuatan Resep Kue Kastengel

Langkah-langkah pembuatan resep kue kastengel meliputi :

  1. Campurkan roombutter dengan mentega atau margarin kemudian kocok sampai tercampur rata dan lembut. Setelah adonan ini melembut, tambahkan 3 butir kuning telur yang sudah dipisahkan dari bagian putihnya. Lanjutkan mengocok adonan sampai merata sempurna.
  2. Selanjutnya masukkan tepung terigu yang telah diayak ke dalam adonan. Tepung terigu ini dimasukkan perlahan-lahan sambil tetap mengaduk adonan. Tambahkan pula keju parut sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.
  3. Adonan yang sudah tercampur rata kemudian diambil dan dimasukkan ke dalam plastik segitiga untuk dicetak. Potong sedikit bagian ujung plastik untuk mencetak kue kastengel. Anda bisa langsung mencetak adonan kue di atas loyang dengan mengeluarkan adonan dari plastik dan memotongnya dengan panjang sekitar 3-4 cm, sesuai selera Anda. Jangan lupa oleskan mentega terlebih dahulu pada loyang supaya adonan tidak lengket.
  4. Langkah selanjutnya adalah olesi tiap-tiap cetakan adonan dengan kuning telur yang telah dikocok. Olesan kuning telur ini akan membuat permukaan kue kastengel lebih mengkilap setelah dipanggang. Anda bisa menambahkan parutan keju di atas adonan kue untuk menambah gurih kue kastengel Anda.
  5. Masukkan loyang berisi adonan ke dalam oven dan panggang dengan suhu 160 derajat celcius selama kurang lebih 20 menit.
  6. Langkah terakhir dari resep kue kastengel ini adalah mengemas kue yang sudah matang ke dalam wadah atau toples yang tertutup rapat untuk menjaga kerenyahannya.

Resep kue kastengel spesial ini bisa Anda praktekkan di rumah. Cara membuatnya yang mudah namun menghasilkan rasa yang lezat membuat kue ini hampir tidak pernah absen di momen-mimen istimewa seperti hari raya lebaran. Membuat kue kering bersama keluarga tentu dapat menjadi kegiatan menyenangkan. Agar diperoleh hasil kue kastengel yang enak, bahan-bahan yang digunakan juga harus berkualitas baik. Margarin Blueband banyak dijadikan pilihan dalam membuat adonan kue kering seperti kastengel. Penggunaan Blueband dalam campuran adonan kue membuat kue menjadi lebih lembut, harum dan gurih. Resep kue kastengel keju ini akan semakin lengkap dengan bahan-bahan berkualitas.