Teh Sebagai Minuman Tradisional yang Menenangkan

Teh telah dikenal sebagai minuman tradisional sejak lama. Teh juga cukup terkenal di berbagai negara, tidak hanya di Indonesia. China maupun India merupakan negara yang terkenal sebagai negara penghasil teh. Tidak hanya sebagai negara penghasil teh, kedua negara ini juga memiliki tradisi dalam meminum teh. Selain China dan juga India, negara lainnya juga memiliki tradisi menyeduh teh. Negara yang memiliki tradisi tersebut diantaranya yaitu Jepang dan juga Korea Selatan. Di Indonesia sendiri, kualitas teh yang dihasilkan tidak perlu diragukan lagi. Banyak resep minuman teh tradisional yang berasal dari Indonesia. Beberapa jenis minuman teh yang cukup khas di Indonesia diantaranya yaitu teh jasmin dan juga teh putih. Teh jasmin berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Daerah tersebut diantaranya yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga Yogyakarta. Teh Jasmin ini terbuat dari perpaduan antara teh melati dan juga daun teh hijau.

Teh Jasmin biasanya diseduh dengan menggunakan air yang bersuhu 75 derajat celcius. Sementara teh putih merupakan minuman yang menggunakan pucuk daun teh. Air yang digunakan untuk menyeduh memiliki suhu yang lebih rendah dibanding dengan pembuatan teh jasmin. Teh putih memiliki berbagai macam manfaat terutama untuk kesehatan tubuh. Minuman tradisional teh lainnya yang berasal dari Indonesia yaitu teh Halimun. Teh ini merupakan daun teh yang berasal dari daerah gunung Halimun yang terletak di Jawa Barat. Teh ini memiliki warna daun teh yang hitam. Teh ini sangat enak untuk diseduh dan juga beraroma mantap.

Ke luar dari Jawa, terdapat teh Oolong yang berasal dari Sumatera. Indonesia memiliki berbagai variasi teh sebagai minuman tradisional. Teh juga banyak dijumpai di kafe-kafe modern dengan penyajian yang juga modern. Meminum teh pun akan terasa lebih nikmat jika dilakukan bersama dengan keluarga. Minum teh Sariwangi bersama keluarga di waktu santai dapat membuat pikiran menjadi tenang dan juga nyaman. Tidak hanya nyaman, teh juga memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menjaga agar tubuh tidak cepat sakit.