Macam-macam Kue Basah Khas Indonesia dengan Citarasa yang Enak

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan banyak hal. Negara yang terdiri dari belasan ribu pulau ini mempunyai banyak budaya, pakaian adat, suku, rumah adat, hingga juga makanan tradisional yang bisa dipilih oleh masyarakat. Berbeda dengan negara lainnya, makanan tradisional Indonesia terkenal dengan bumbu yang kuat sebagai salah satu penambah rasa yang ada di dalamnya. Bumbu tersebut merupakan ciri khas yang ada dalam makanan tradisional yang ada di Indonesia.

Selain makanan tradisional yang berat seperti rendang, nasi goreng, soto, ketoprak, dan nasi liwet serta beragam macam lainnya. Ada juga jajanan khas yang ada dan masih bisa dinikmati hingga sekarang. Ada banyak jajanan khas dari daerah seperti misalnya onde-onde, lupis, bolu, dan lainnya. Salah satu jajanan yang bisa dipilih oleh masyarakat adalah kue yang mempunyai dua jenis yaitu kue kering dan juga kue basah. Untuk kue kering merupakan jajanan yang kering dan mempunyai citarasa yang gurih dan renyah. Bermacam kue kering tersebut biasanya dibuat dan disajikan ketika lebaran, natal, imlek, dan juga hari besar lainnya. Tetapi juga bisa menjadi sajian biasanya ketika ada tamu yang datang ke rumah atau menjadi cemilan sehari-hari keluarga.

Sedangkan untuk jenis kue tradisional kedua adalah kue basah. Kue ini mempunyai macam-macam jenis dan juga rasa yang bisa dipilih seperti berikut ini:

Jajanan Kue Basah Khas Indonesia

 

  • Kue talam merupakan kue yang mempunyai bentuk seperti talam.
  • Kue bika ambon yang berasal dari medan.
  • Kue klepon dengan isi gula merah di dalamnya.
  • Kue bolu pandan.
  • Kue apem jawa.
  • Kue mangkuk.
  • Kue ape pandan.
  • Kue pukis dan masih banyak jenis kue lainnya.

Berbeda dengan kue kering, kue basah tersebut bisa basi hanya dalam 1 atau dua hari sehingga tidak bisa untuk disimpan lama. Sebaiknya Anda segera mengkonsumsinya dan tidak perlu disimpan terlalu lama karena akan mengurangi citarasanya. Rasa dari berbagai kue basah tersebut sendiri beragam ada yang manis, yang renyah, dan juga ada yang pedas. Tetapi pada umumnya rasa kue basah adalah manis gurih.