Dampak Negatif Sosial Media Untuk Kesehatan Mental Remaja Ditengah Gaya Hidup Modern Sekarang

Dampak Negatif Sosial Media Untuk Kesehatan Mental Remaja Ditengah Gaya Hidup Modern Sekarang

Dampak Negatif Sosial Media Untuk Kesehatan Mental Remaja Ditengah Gaya Hidup Modern Sekarang

Harus dapat diakui bahwa memang kemajuan zaman yang disusul dengan kemajuan teknologi telah membuat gaya hidup masyarakat kebanyakan pn turut ikut terubah menjadi lebih modern dan bahkan selalu mengedepankan. Terlepas dari hal tersebut, ditengah gaya hidup modern seperi sekarang ini, salah satu yang tengah yang sudah tidak asing untuk masyarakat kita adalah sosial media. Apabila berbicara mengenai sosial media dan pengguna sosial media, kiranya lebih dari 50 persen pengguna sosial media adalah remaja. Keaktifan remaja untuk menggunakan sosial media menjadi bagian bentuk dari diri mereka telah mengikuti perkembangan zaman. Sayangnya, terlalu aktif di sosial media memberikan resiko remaja menerima dampak yang negatif. Lumayan banyak juga dampak negatifn yang mengincar para remaja apabila terlalu tenggelam dengan keasyikan dunia sosial media.

Mulai dari dampak terhadap kualitas tidurnya, yang tentu ini berkaitan erat dengan kesehatannya. Volume serta frekuensi interaksi media sosial yang lebih besar dikaitkan erat dengan kemungkinan yang lebih besar masalah tidur terjadi. Remaja yang menghabiskan begitu banyak waktunya untuk berselancar di sosial media, di dunia maya punya resiko sampai tiga kali lipat mengalami gangguan tidur atau insomnia alias susah tidur. Hal ini bisa terjadi seperti contoh real adalah remaja terlalu eksis di sosial media dan ia pun ingin untuk selalu mempertahankan eksistensinya tersebut agar lebih banyak orang yang mempehatikannya. Pada akhirnya hal tersebut berujung pada tekanan yang membuat remaja itu sendiri malah terlalu asyik terus berselancar di sosial media sampai larut malam. Gaya hidup yang seperti ini tentunya akan memberi dampak yang negatif terhadap kesehatan.

Tidak sampai disitu saja, masalah gangguan kesehatan yang lainnya lagi masih ada yang mengincar remaja apabila terlalu aktif menjelajah sosial media ditengah gaya hidup modern masyarakat sekarang. Ketika remaja terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk melihat smartphone sebelum tidur karena menjelajah sosial media, pancaran cahaya dari smartphone tidaklah baik untuk kesehatan mata. Kemudian remaja yang kurang tidur karena terlalu sering bermain smartphone bisa berujung pada gangguan kesehatan lainnya. Dampak kurang tidur dapat menaikkan resiko remaja mengalami depresi. Seringnya pemakain media sosial di kalangan remaja pun dikaitkan oleh banyaknya penelitian naiknya tingkat stres psikologis. Semua faktor tersebut erat kaitannya memicu depresi.

Itu masih sedikit dari berbagai dampak negatif yang bisa dialami oleh remaja apabila terlalu sering bermain gadget karena terlalu sering berselancar di sosial media. Kamu yang merupakan para remaja masa kini, cobalah untuk menjadi lebih dewasa dengan memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk berkomunikasi dengan baik, sebagai tempat untuk memperoleh informasi terkini yang dapat memudahkan berbagai pekerjaan sehari-hari. Jangan sampai terlena, terlalu asyik sampai mengabaikan kesehatan.