Tips Liburan Menyenangkan Dan Hemat

Bagi yang ingin menikmati liburan yang menyenangkan jangan lupa mempersiapkan terlebih dahulu sebelum melaksanakan liburan baik itu badan, finansial maupun kebutuhan yang lainnya. Liburan yang asyik dan seru itu akan dinikmati apabila sesuai dengan keinginan dan kebutuhan serta budget yang dimiliki.

Berikut ini beberapa tips liburan yang menyenangkan dan hemat, antara lain:

–  Laksanakan survei lokasi untuk liburan

Sebelum liburan, maka harus menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat liburan. Setelah itu lakukan survei baik dari buku maupun internet atau media yang lainnya.

–  Laksanakan pemesanan jauh hari

Setelah survei maka perlu pemesanan mulai dari tiket, penginapan dan lainnya. Pemesanan harus dilaksanakan jauh hari sebelum pelaksanaan liburan supaya memperoleh penawaran harga yang menarik dan murah.

–  Jangan pergi ketika musim liburan

Musim liburan wisata akan full orang. Untuk itu, perlu pergi sebelum musim liburan supaya jauh lebih leluasa menikmati liburan dan harga yang ditawarkan jauh lebih terjangkau.

–  Bawa uang tunai

Selama masa liburan berlangsung jangan banyak-banyak membawa uang tunai. Bawalah uang tunai yang sesuai kebutuhan saja. Apabila nanti habis tinggal mengambilnya lagi di mesin atam sesuaikan lagi dengan kebutuhan. Hal ini jauh lebih praktis dan aman.

–  Catat pengeluaran selama liburan

Selama menjalani liburan jangan sampai lupa untuk mencatat semua pengeluarannya walaupun sekecil apapun supaya mengetahui kemana saja uang tersebut habis. Hal ini akan memberikan banyak manfaat mulai dari tidak terlalu berfoya-foya dan boros selama masa liburan.

–  Belanja

Ini adalah hal yang paling pokok dan harus dilaksanakan selama masa liburan berlangsung. Setelah liburan panjang di suatu tempat tidak asyik rasanya jika tidak membawa oleh-oleh. Namun di sini jangan jadikan belanja itu adalah hal paling utama apabila nanti tidak ingin kehabisan yang pada hari liburan yang selanjutnya. Carilah tempat untuk berbelanja yang tergolong murah. Bisa memilih pasar tradisional yang jauh lebih murah dibandingkan toko oleh-oleh.

Itulah tips efektif liburan yang hemat dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.