Curug Citiis

Bagi Anda yang belum tahu mengenai Curug Citiis (air terjun Citiis), Objek Wisata ini terletak di sebelah utara Kec. Tarogong Kaler dan berdekatan dengan Objek Wisata Cipanas. Tepatnya di Desa Pasawahan Kec. Tarogong, Garut. Untuk ke sini bisa menggunakan kendaraan selama kurang lebih 30 menit atau sekitar 8 Km dari pusat Kota Garut. Objek Wisata ini berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut. Pepohonan yang rindang menyebabkan sinar matahari sulit untuk masuk ke daerah ini. Apabila pada musim kemarau, maka debit air terjun ini akan berkurang. Kualitas lingkungannya pun cukup baik. Pencemaran udara yang rendah membuat udara di sini enak untuk dinikmati.

Curug Citiis

Curug Citiis

Sayang, air di curug ini tercemar oleh sampah-sampah yang ditinggalkan begitu saja oleh para pengunjung. Apabila Anda berkunjung ke sini, marilah kita ikut serta menjaga alam Curug Citiis dengan cara tidak membuang sampah sembarangan di sekitar area air terjun tersebut.  Air yang ada di Curug Citiis ini, berasal dari Gunung Guntur yang memiliki dua buah mata air. Mata air yang pertama mengalir ke Curug Citiis (air dingin) ini, dan yang satu lagi mengalir ke daerah Cipanas (air panas).  Di sini, Anda dan keluarga bisa memilih bermacam aktifitas seperti tracking, hiking, menikmati alam Curug Citiis, camping, ataupun untuk berfoto-foto. Objek Wisata ini belum memiliki fasilitas akomodasi ataupun tempat ibadah. Begitu juga fasilitas rumah makan hanya terdapat di daerah Kec. Tarogong.

Konon curug ini merupakan tempat bertemunya para raja dari seluruh pulau Jawa. Nama Curug Citiis ini sendiri berasal dari kata cities yang berarti air dingin karena menurut penduduk sekitar suhu air dari air terjun ini paling dingin sewilayah Garut. Di kawasan ini terdapat tiga buah shelter dalam kondisi cukup baik namun terdapat sedikit vandalisme di shelter, sebuah kios dalam kondisi yang cukup dan hanya buka pada hari Minggu. Objek wisata ini belum memiliki fasilitas akomodasi atau tempat ibadah. Fasilitas-fasilitas tersebut dapat dijumpai di kawasan Cipanas yang berjarak +7 km dengan menempuh waktu 2 jam, sedangkan fasilitas rumah makan hanya terdapat di kecamatan Tarogong.