Tips Membuat Masakan Ketika Berkemah

Keterampilan memasak memang perlu dipahami bagi setiap orang terutama keterampilan dasarnya. Hal tersebut sangat diperlukan karena manusia pasti akan berhadapan dan mengalami tidak ada masakan. Sebagai contoh ketika berkemah di hutan, mana ada rumah makan yang menyediakan makanan siap saji yang enak di hutan. Oleh karena itu kita mesti tahu cara membuat masakan yang sederhana terlebih dahulu seperti memasak nasi, menggoreng telur, memasak air dan lainnya yang sederhana dan mudah.

keterampilan memasak sederhana seperti itu akan sangat bermanfaat ketika kita mengalami kegiatan kemah di hutan supaya kita tetap bisa makan enak dimana pun kita berada. Berbagai panduan cara membuat masakan terdapat di beberapa media informasi yang dapat dengan mudah kita dapatkan seperti majalah atau juga internet. Selain keterampilan tersebut kita juga mesti mengetahui cara-cara memasak di hutan seperti berikut :

  1. Pastikan peralatan pokok lengkap terbawa. Tapi jangan bawa kompor yang biasa dipakai. Bawalah kompor gas khusus kemah atau juga kompor spirtus. Sebenarnya tidak membawa juga tidak apa-apa karena di hutan masih banyak kayu dari ranting yang berjatuhan yang dapat dibuat kayu bakar. Akan tetapi untuk mencegah kebakaran sebaiknya hati-hati dalam menyalakan apinya.
  1. Selain peralatan, siapkan juga bahan yang akan dimasak dan tentukan juga porsinya. Supaya tidak kekurangan serta kelebihan masakan sebaiknya dikonsep terlebih dahulu dan tentukan menu apa saja dan berapa kali memasak dalam sehari.
  1. Usahakan memasak dengan cara yang tepat dan ramah lingkungan. Memasaklah ditempat yang kurang anginnya untuk menjauhi kebakaran. Kemudian biasakan mematikan bekas api setelah memasak.