Gunung Bromo

Jika anda jenuh dengan rutinitas sehari-hari, mengambil liburan ke tempat wisata yang akan membuat anda kembali bersemangat adalah pilihan yang tepat. Tempat dengan segala keindahan panoramanya serta pengalaman, apalagi kalau bukan Gunung Bromo.Gunung denganketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut ini terletak di empat kabupaten di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Malang, Lumajang, Pasuruan dan Probolinggo.

Selain pemandangan pegunungan yang mengagumkan, anda pasti dibuat takjub oleh kawah dengan garis tengah sekitar 800 meter. Serta sebuah tempat perlindungan flora dan fauna langka yang disebut dengan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru juga berada di area gunung tersebut. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara beranggapan bahwa tujuan utama mereka mendaki gunung Bromo adalah karena keinginan untuk melihat secara langsung proses terbitnya matahari dari puncak gunung.

bromo

Konon, pemandangan matahar terbit di Gunung Bromo menjadi salah satu pemandangan paling mengagumkan di dunia. Saat cuaca sedang bersahabat, anda bisa menikmati pemandangan puncak Gunung Semeru yang diselimuti asap dan diterpa sinar matahari. Hail lain yang menjadi pusat pesona gunung ini adalah hamparan pasir luas yang sangat indah pada sore hari. Temaram senja di Gunung Bromo adalah pesona yang tak akan terlupakan. Atau, anda bisa menikmati serunya berkuda di lautan pasir. Bahkan, keindahan lautan pasir ini telah terlihat jelas sejak anda memasuki kawasan taman nasional di Cemorolawang.

Untuk menuju kawasan taman nasional ini, anda dapat menyewa mobil jip untuk menyeberangi lautan pasir. Anda cukup menyiapkan uang sekitar 300 hingga 400 ribu rupiah untuk setiap mobil yang anda sewa. Untuk menuju Gunung Bromo, anda dapat menempuh beberapa pilihan rute sebagai berikut:

  • Dari kota Surabaya, anda dapat menuju ke Malang – Tumpang – Ngadas – Jamplang – Ranu Pane – Ranu Kumbolo – Kalimati – Arcopodo dan akhirnya Mahameru sebelum sampai di Bromo. Untuk perjalanan dari Surabaya ke Jemplang masih dapat dilakukan dengan menggunakan kendaraan pribadi, namun untuk rute selanjutnya hanya dapat dilakukan dengan jalan setapak.
  • Rute selanjutnya adalah perjalanan dari Pasuruan menuju ke Warungdowo – Tosari – Wonokitri – Dingklik – Laut Pasir dan akhirnya sampai di gunung tersebut. Melalui rute ini, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi tanpa harus menyusuri jalan setapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *