Menjelajahi Surga Wisata Di Eropa

Kecantikan alam, pesona seni dan budaya, nilai sejarah, serta cita rasa kulinernya menjadikan Eropa sebagai sebuah benua yang paling diimpikan oleh para pecinta wisata di seluruh dunia. Dari sekitar 50 negara yang berada di Eropa, terdapat beberapa negara yang berada di peringkat atas pada daftar tujuan wisata seperti Italia, Perancis dan Swiss. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di tiga negara tersebut yang senantiasa memukau para pengunjungnya:

Gereja St. Petrus Vatikan

Gereja St. Petrus Vatikan adalah gereja dengan interior termegah di dunia yang terletak di Kota Vatikan, Italia. Vatikan merupakan pusat otoritas gereja Katolik yang berada di wilayah kota Roma dan menjadi negara merdeka terkecil di dunia berdasarkan luas wilayah dan jumlah penduduknya. Gereja bergaya renaissance dan baroque ini didesain oleh sekelompok arsitek ternama pada saat itu, salah satunya adalah Michaelangelo. Diresmikan pada tahun 1626, gereja ini dinamakan gereja Santo Petrus karena dibangun di atas situs yang diyakini sebagai makam Santo Petrus, satu dari dua belas rasul Yesus.

Beberapa bukti sejarah menunjukkan bahwa kubur Santo Petrus terletak persis di bawah altar gereja. Gereja Santo Petrus sangat masyur di kalangan peziarah, baik dalam hal liturgi mau pun dalam hal historisnya. Namun seringkali orang salah mengerti, menganggap gereja ini adalah sebuah Katedral. Gereja Santo Petrus bukan sebuah Katedral karena bukan merupakan tempat kedudukan uskup. Gereja ini adalah sebuah basilika kepausan.

Venesia

venisia

Venesia adalah sebuah kota kecil di timur laut Italia yang terkenal dengan kecantikan tata kota, arsitektur dan karya seninya. Dijuluki Kota Air, Venesia membentang di antara 117 pulau kecil di atas laguna di sepanjang Laut Adriatik. Sebagai salah satu kota paling romantis di Eropa, Venesia kerap dikunjungi para wisatawan manca negara sebagai tempat tujuan wisata tahunan mau pun wisata bulan madu.

Gondola merupakan kendaraan khas yang hilir mudik mengantar para wisatawan untuk menikmati pemandangan di sekeliling Venesia melalui kanal-kanal. Selain memiliki sejarah niaga dengan keberadaan Marco Polo, pedagang terkenal yang berasal dari sana, Venesia juga memiliki sejarah budaya sebagai tempat kelahiran musisi ternama Antonio Vivaldi dan kota tempat berkembangnya musik opera dan simfoni.

Jungfraujoch

Jungfraujoch adalah titik terendah dari punggungan gunung antara Monch dan Jungfrau, di pegunungan Alpen, Swiss. Berada di ketinggian 3.471 meter di atas permukaan laut di dalam kawasan lindung Jungfrau-Aletsch, tempat ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Eropa. Kawasan lindung Jungfrau-Aletsch sendiri telah resmi menjadi salah satu situs warisan budaya dunia sejak 2001. Tepat di atas Jungfraujoch terletak stasiun kereta api Jungfraujoch, yang menjadikannya stasiun kereta api tertinggi di Eropa. Di sebelah timur Jungfraujoch terdapat sebuah observatorium ilmiah, yaitu Observatorium Sphinx.

Sementara sebuah stasiun radio relay tertinggi di Eropa berada di puncak punggungan di sebelah barat stasiun kereta api. Meskipun Jungfraujoch merupakan sebuah desa kecil, di sana terdapat berbagai fasilitas bagi para wisatawan. Tercatat lebih dari 600 ribu wisatawan berkunjung ke sana setiap tahunnya dalam beberapa tahun terakhir. Bermacam kegiatan juga sering diselenggarakan di sana seperti marathon, konser musik, pertunjukan ketangkasan, dan lain-lain. Jungfraujoch hanya dapat dicapai melalui terowongan kereta api sepanjang 7,3 km dari Interlaken.

Arc de Triomphe

Arc de Triomphe adalah salah satu monumen paling terkenal di Paris. Berdiri tepat di tengah Place Charles de Gaulle, monumen ini dibangun untuk menghormati para pahlawan yang gugur. Di bawahnya terdapat makam para serdadu tak dikenal korban Perang Dunia I. Monumen setinggi 50 meter dan lebar 45 meter ini adalah hasil rancangan Jean Chalgrin pada tahun 1806 yang terinspirasi oleh Arch of Titus bangsa Romawi. Arc de Triomphe mendapat predikat monumen kemenangan terbesar kedua di dunia setelah Arch of Triumph di Pyongyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *