Kepulauan Derawan

Derawan merupakan satu diantara sekian banyak pulau di Kalimantan. Di sekitar pulau Derawan juga terdapat pulau-pulau kecil hingga membentuk gugusan kepulauan Derawan. Karena pesona lautnya yang luar biasa, Derawan menjadi salah satu tempat wisata favorit di wilayah timur Indonesia khususnya di Kalimantan Timur.

Kalimantan sendiri adalah pulau terbesar di negara kepulauan Indonesia dan juga terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan New Guinea. Kata “Kalimantan” berasal dari bahasa Melayu kuno yang berarti “Sungai dari Diamond”. Bagian Utara Kalimantan termasuk wilayah Serawak Malaysia dan Brunei Darussalam. Suku asli Kalimantan yang terkenal adalah Suku Dayak. Selain Dayak,masih banyak sub etnis lain di Kalimantan. Suku di wilayah timur Kalimantan terdapat suku Kayan – Kenyah Dayak yang tinggal di Kalimantan Timur sepanjang Sungai Mendalam.

derawan

Kalimantan merupakan pulau yang dilalui garis khatulistiwa. Musim hujan dimulai sekitar November hingga April dan musim kemarau berlangsung dari Mei hingga Oktober. Namun,di  sekitar Kalimantan terkadang ada hujan sebelum, ketika,dan sesudah musim kemaraunya. Suhu udara rata-rata di Kalimantan Timur adalah sekitar 25 Celcius – 35 derajat Celcius.

Mengunjungi Derawan, rasanya kurang lengkap jika tidak singgah di beberapa kota Kalimantan Timur yang juga terkenal tempat wisatanya. Beberapa kota yang layak disinggahi atau hanya sekedar transit saja diantaranya Balikpapan, Berau dan Tarakan.

Sebagai gugusan pulau yang menarik, terdapat beberapa pulau di Derawan yang sayang untuk dilewatkan. Setidaknya terdapat empat pulau di kepulauan Derawan seperti Pulau Derawan, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua.

Di Pulau Derawan, anda bisa menemui penyu pada setiap penyelaman di Derawan, penyu juga ditemukan datang di darat setiap malam untuk berkembang biak. Ada juga tokek yang sering dijumpai tepat di bawah cottage dan restoran.

Pulau Kakaban berbentuk seperti danau raksasa di tengah laut. Danau raksasa ini terbentuak belasan ribu thaun silam melalui proses geologi. Di Pulau Kakaban terdapat banyak diving point dan yang paling terkenal adalah Barracuda diving point. Di Kakaban banyak terdapat ubur-ubur.

Pulau Maratua menawarkan pertunjukan megangkan seperti pertunjukan di Colosseum Roma.  Banyak binatang laut bisa anda temui seperti barakuda, ikan hiu biru, karang emas dan merah. Ekosistem alami ini sering kali memperlihatkan bagaimana kawanan ikan pemangsa memburu ikan-ikan kecil yang menjadi makannya.

Pulau Sangalaki memiliki koloni ikan Manta Ray (ikan pari/pee). Ikan ini tidak terganggu dengan kehadiran penyelam. Namun anda harus berhati-hati karena ikan ini bisa menyetrum anda. Ikan berukuran dari 3,5 meter hingga yang raksasa dengan panjang 6 meter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *